AGENDA 2014

1

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

2

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

3

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

4

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

5

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

SPACE FOR ADVERTISING

FAKULTAS ILMU KESEHATAN (FIKES)


Sekilas Sejarah FIKES

Nama Ilmu Kesehatan (FIKES) ditetapkan berdasarkan Statuta UNSIQ Tahun 2008 untuk mewadahi prodi-prodi kesehatan dan keperawatan. Hingga saat ini baru dibuka satu prodi di FIKES, yakni Prodi Keperawatan (D-3) yang juga dikenal sebagai Akademi Keperawatan (AKPER) yang merupakan salah satu embrio bagi berdirinya UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.

AKPER UNSIQ berdiri pada tanggal 22 April 1996 bertepatan tanggal 3 Dzulhijjah 1416 H. berdasarkan SK. Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.00.06.1.1.540A. tentang Ijin Operasional Akper IIQ. Bertepatan dengan tanggal tersebut diadakan peresmian pembukaan pendaftaran mahasiswa baru yang ditandai dengan Tabligh Akbar yang dihadiri dan diresmikan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Ketua Umum PBNU) di Kampus IIQ. Dalam perkembangannya, AKPER UNSIQ telah berstatus Terakreditasi B.

Sejak awal berdirinya, AKPER telah mengalami 3 periode kepemimpinan direktur sebagaimana dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Periodisasi Kepemimpinan AKPER UNSIQ

No.

Tahun

Dekan

1.

1996 – 2003

dr. H. Achmad Sahudi, Sp.A.

2.

2003 – 2004

Jaelan, S.Kp.

3.

2004 – 2009

Fakhrurrozi, S.Kp., Ns.

Untuk periode dari tahun 2009-2013, Fakultas Ilmu Kesehatan dipimpin oleh seorang Dekan yaitu dr. Noer Ali Udin BSS., Sp. THT. Pada periode ini FIKES menambah program studinya menjadi dua yaitu Program Studi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan.


Fasilitas dan Program Penguat

Memperhatikan tujuan pendidikan yang hendak dicapai, khususnya dalam bidang kesehatan, FIKES UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo secara kelembagaan telah memiliki berbagai fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung dan ruang kuliah yang memadahi;
  2. Asrama sebagai wadah pembinaan keagamaan;
  3. Sebuah bus sebagai sarana transportasi praktik mahasiswa;
  4. Laboratorium kesehatan dan keperawatan;
  5. Laboratorium bahasa dan laboratorium komputer (Universitas).

Adapun program-program penunjang atau penguat yang diselenggarakan FIKES adalah sebagai berikut:

  1. program pembinaan masalah-masalah keislaman dan kebaha-araban;
  2. program sertifikasi bahasa Inggris dan ilmu komputer;
  3. praktik di beberapa rumah sakit di Wonosobo, dan beberapa rumah sakit ternama di Parakan, Magelang, Purwokerto.

Prospek Lulusan

Lulusan FIKES UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo disiapkan menjadi tenaga kesehatan dan keperawatan di rumah sakit dan Puskesmas, tenaga kependidikan di prodi-prodi kesehatan dan keperawatan, dan lain-lain.


Kurikulum

Kurikulum FIKES merupakan paduan dari Kurikulum Nasional yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI dan Kurikulum Lokal yang memuat matakuliah-matakuliah keislaman. Kurikulum D-3 Keperawatan memuat 110 – 120 SKS dengan sekitar 40% SKS teori dan sekitar 60% SKS praktik. FIKES terdiri dari dua program Studi yaitu Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kebidanan (Sedang dalam proses perijinan).

Link menuju website FIKES