AGENDA 2014

1

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

2

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

3

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

4

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

5

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

SPACE FOR ADVERTISING

UNSIQ JAWA TENGAH DI WONOSOBO


Sejarah Berdirinya UNSIQ

Harapan dan keinginan untuk mendirikan sebuah univesitas diawali dengan diadakannya rapat koordinasi Pengurus YPIIQ dan Pimpinan Pendidikan Tinggi di lingkungan YPIIQ pada  tanggal 19 April 2000 bertempat di Hotel Surya Asia Wonosobo, guna membentuk Tim Pendirian Universitas dan Tim Kerja masing-masing prodi baru. Rapat tersebut dihadiri 17 orang, termasuk Wakil Bupati Wonosobo, Drs. A. Kholiq Arif. Adapun nama peserta rapat secara lengkap adalah:

    1. Drs. A. Kholiq Arif
    2. KH. Habibullah Idris
    3. Drs. Muchotob Hamzah
    4. Drs. K.H. Moh. Adib
    5. Drs. Z. Sukawi, MA
    6. Drs. Noor Aziz
    7. Drs. M. Abdul Kholiq
    8. Drs. H. Faedhullah Muslich
    9. Drs. Samsul Munir
    10. Drs. Abdullah
    11. Drs. M. Junaedi
    12. Drs. Mahfudz
    13. Arifin Shidiq,S.Ag
    14. Ir. H. Luthfi Amin
    15. Ir. Agus Subagyo, M.Si.
    16. Hj. Nur Hayati Agung, SE.
    17. Drs. Syarif Hidayat.

Menindaklanjuti hasil rapat tersebut, dengan bermodalkan 3 bentuk pendidikan tinggi yang sudah ada (IIQ, Akper dan STIE), YPIIQ kemudian mengembangkan program pendidikan tingginya menjadi sebuah universitas, dengan penambahan beberapa fakultas dan sejumlah prodi baru. Pada bulan Juni 2001 terbitlah Surat Keputusan Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/0/2001 tertanggal 10 Juli 2001, sebagai dasar penyelenggaraan penyelenggaraan pendidikan tinggi Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.

Nama “Universitas Sains Al-Qur’an” yang disingkat menjadi “UNSIQ” ditetapkan berdasarkan pemikiran rasional dan upaya spiritual. Secara rasional kebahasaan, kata “unsiq”  dalam bahasa Arab diderivasi dari kata kerja “nasaqo” dan “ansaqo” yang berarti: menyusun, mengatur, merangkai, berbicara dengan bersajak, dan berpantun; atau dari kata dasar “an-nasaq” yang berarti: ketertiban, keteraturan, untaian, yang terangkai, dan yang tersusun rapi. Upaya secara spiritual antara lain ditempuh dengan mohon doa dan restu  KH. Muntaha Al-Hafidz (rektor pertama IIQ Wonosobo yang juga pengasuh PPTQ Al-Asy’ariyyah Kalibeber). Di antara beberapa nama yang diajukan, beliau memilih nama “UNSIQ” yang dimaknakannya sebagai “untaian mutiara”.

Adapun fakultas-fakultas baru yang dibuka dalam wadah UNSIQ adalah: (1) Fakultas Sastra,  (2) Fakultas Teknik Informatika, (3) Fakultas Teknik Industri,  dan (4) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Ketiga fakultas yang terakhir di kemudian hari digabung menjadi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.